Kamis, 26 Juli 2012

bab II pembahasan laporan sig


BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Tahap Input Data
            Tahap input data merupakan tahap yang paling pertama dilakukan dalam praktikum SIG. Data yang digunakan dapat berupa citra yang sebelumnya telah diolah di software ErMapper atau dapat juga menggunakan peta RBI yang di scan. Dalam tahap ini data yang di input sesuai dengan tujuan pembuatan peta dan disesuaikan dengan lokasi yang akan dibuat. Data yang telah di input digunakan sebagai peta dasar yang nantinya akan dimanipulasi pada tahap pemrosesan data. Tahap input ini haruslah sesuai dengan peta lokasi yang akan menjadi tujuan si pembuat peta. Input data yang dilakukan adalah dengan menyimpan peta dasar tersebut di komputer yang akan digunakan dalam melakukan praktikum.

2.2 Tahap Memproses Data
            Tahap pemrosesan dilakukan setelah input data selesai dilakukan. Tahap pemrosesan data dilakukan dengan menggunakan software ArcView GIS 3.2. Pada tahap ini dilakukan tiga tahap yaitu tahap memanipulasi data, memindahkan data ke layout, serta memberikan atribut pada peta yang telah dibuat. Pada tahap memanipulasi data dibagi menjadi tiga tahapan yaitu memanipulasi data yang berupa garis (line), kemudian yang berupa polygon, dan dilanjutkan dengan memanipulasi data yang berupa point. Secara lebih rinci langkah-langkah dalam tahap pemrosesan data ini adalah sebagai berikut.
1. Tahap memanipulasi data yang diawali dengan membuka software ArcView GIS.
Dalam tahap ini adalah membuka software ArcView GIS 3.2 yang terdapat pada desktop atau dengan cara klik tombol start pada desktop kemudian pilih ArcView GIS 3.2. Langkah ini terlihat pada gambar di samping.




Setelah membuka program ArcView GIS 3.2 maka akan muncul tampila sebagai berikut.
Apabila muncul tampilan seperti gambar di samping kemudian pilih With a new view. Hal ini dilakukan apabila kita belum pernah melakukan praktikum terhadap data yang sama. Langkah selanjutnya adalah klik “Ok”. Setelah itu muncul tampilan baru, saat itu juga pilih “yes”.
Kemudian dilanjutkan dengan membuka peta dasar yang akan dimanipulasi. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut.
Setelah itu kita cari peta dasar yang sudah kita simpan. Sebagai contoh dalam hal ini peta dasar yang disimpan di drive D dengan nama folder krisna (terlihat pada gambar disamping). Kemudian kita pilih peta dasar tersebut lalu tekan Ok.

Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut.
Apabila kita sudah berada pada tampilan seperti gambar di samping maka kita sudah bisa untuk melakukan manipulasi data. Manipulasi data dibagi menjadi tiga tahap yaitu manipulasi data berupa line, berupa polygon, kemudian berupa point.
Dalam malakukan manipulasi data kita klik view pada toolbar kemudian pilih new theme. Setelah itu akan muncul pilihan seperti gambar berikut.
Pada tahap ini kita akan melakukan manipulasi data yang berupa line. Maka dalam tampilan seperti gambar di samping kita pilih line kemudian teka Ok. Setelah tekan Ok kemudian buat nama kenampakan apa yang akan dimanipulasi pada tampilan selanjutnya. Apakah kita akan
membuat jalan, sungai atau batas desa. Dalam tampilan selanjutnya nama kenampakan yang dibuat disimpan dalam satu folder yang sama sesuai dengan dimana data peta dasar yang kita simpan. Dalam hal ini kita sesuaiakan tempat penyimpanannya di drive D dengan nama folder krisna. Setelah itu kita dapat melakukan manipulasi data berupa line seperti jalan, sungai, serta batas desa. Dalam melakukan setiap manipulasi terhadap kenampakan data kita harus melakukan langkah dengan meng-klik view pada tollbar dan pilih new theme. Langkahnya hampir sama dengan memanipulasi data sebelumnya tetapi yang berbeda adalah file name data yang kita manipulasi itu sesuai dengan kenampakan yang ada. Setelah melakukan manipulasi data line yang berupa jalan, sungai, maupun batas desa maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
 Pada gambar disamping terlihat bahwa kenampakan berupa sungai (warna biru), jalan (warna merah) beserta batas desa (warna hitam putus-putus) sudah dilakukan manipulasi data. Setelah itu kita akan memulai dengan melakukan manipulasi
data yang kenampakannya berupa polygon. Caranya adalah kita mulai dari pilih view pada tollbar kemudian pilih new theme dan selanjutnya pilih polygon. Setelah itu tekan ok, kemudian dalam file name kita buat nama sesuai dengan kenampakan di peta dasar, apakah berupa pemukiman, sawah ataupun tegalan. Kemudian kita melakukan manipulasi data tetapi sebelumnya kita aktifkan dulu Draw Poit pada toolbar. Setelah melakukan manipulasi data dalam bentuk polygon, maka kenampakan pada peta dasar adalah sebagai berikut.
Pada gambar disamping terlihat bahwa peta dasar yang kita gunakan sudah dilakukan manipulasi data yang berupa polygon sesuai  perubahan warna pada gambar disamping. Setelah itu kita akan melakukan manipulasi data yang berupa point.

Dalam melakukan manipulasi data yang berupa point caranya adalah kita kembali klik view pada toolbar kemudian pilih new theme dan selanjutnya pada new theme kita pilih point. Pada file name kita buat nama sesuai dengan kenampakan yang ada, apakah itu sekolah, kantor desa, pasar ataupun yang lainnya. Setelah ketiga tahap dalam melakukan manipulasi sudah dilakukan, maka untuk mengatahui hasilnya kita hilangkan tanda ceklist pada peta dasar yang kita gunakan. Tampilannya akan seperti berikut ini.
Pada gambr disamping terlihat bahwa peta dasar yang kita manipulasi menjadi peta yang sesuai dengan tujuan pembuat peta. Peta pada gmbar disamping akan ditambahkan atribut di dalam layout. Langkahnya selanjutnya adalah memindahkan data ke layout.


2. Pemindahan Data ke Layout.
            Pada tahap ini pertama kita membuka layout dengan langkah minimize terlebih dahulu tampilan view kemudian pilih layout (klik 2 x). Tampilannya adalah sebagai berikut.
Gambar disamping merupakan tampilan layout kosong yang nantinya kita akan masukkan peta yang sudah kita manipulasi di view. Setelah itu tambahkan peta yang sudah dimanipulasi dengan mengaktipkan View Frame  pada toolbar. Kemudian letakkan kursor di tempat yang diinginkan dan drag mouse sampai ukuran yang diinginkan.
Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut.
Pada gambar disamping terlihat bahwa peta yang sudah dimanipulasi sudah muncul di view. Kemudian kita akan melengkapi peta dengan memberikan atribut. Tahap selanjutnya adalah memberikan atribut pada peta.


3. Memberikan Atribut Peta.
Pada tahap ini dilakukan pemberian atribut pada peta dengan langkah sebagai berikut.
a.       Apabila ingin memberikan inset peta caranya adalah dengan mengaktifkan view frame pada toolbar kemudian men drag kembali. Pada saat itu kita pilih view 2, dimana view 2 ini adalah peta inset yang kita harus buat sebelumnya. Cara membuat view 2 sama dengan cara membuat view 1.
b.      Apabila ingin menampilkan skala adalah dengan cara mengaktifkan Scale Bar Frame pada toolbar kemudian men drag mouse di tempat yang kita inginkan.
c.       Apabila ingin menampilkan legenda adalah dengan cara mengaktifkan Legend Frame pada toolbar kemudian men drag mouse di tempat yang diinginkan. Untuk mengubah tampilan legenda dengan cara klik kanan pada legenda yang sudah muncul kemudian pilih simplity.
d.      Untuk membuat orientasi adalah dengan cara mengaktifkan North Aroow pada toolbar kemudian men drag mouse di tempat yang diinginkan. Untuk mengubah orientasi yang diinginakan bisa dilakukan dengan klik kanan pada orientasi yang sudah muncul lalu pilih simpility.
Apabila semua atribut sudah dilengkapi makan akan muncul tampilan seperti berikut.
Gambar disamping menunjukkan bahwa peta yang dibuat sudah jadi. Dimana tahap yang terakhir adalah tahap output.







2.3 Tahap Output Data
Tahap output merupakan tahap terakhir. Pada tahap ini dilakukan beberapa langkah sebagai berikut.
a. Klik file pada toolbar kemudian pilih export.
b. Pada list files of type pilih JPEG kemudian pada file name ketik nama sesuai dengan keinginan pembuat peta. Kemudian pilih Ok.
c. Apabila ingin peta dalam bentuk print out, dapat dilakukan dengan cara pilih file pada toolbar kemudian pilih print. Hasil peta yang jadi akan dapat digunakan oleh pengguna peta. Hasil peta praktikum SIG (terlampi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar