Selasa, 24 Juli 2012

Tahap perkembangan PANGEA


A.    TAHAP PERKEMBANGAN PANGEA
Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_superbenua#Superbenua_masa_lalu, ada tiga fase utama dalam pecahnya Pangaea yaitu :
1). Fase pertama dimulai pada masa Permian hingga masa Jurassic (200-135 juta tahun lalu).
Ø  Berawal dari zaman Permian 225 juta tahun lalu, bagian selatan Benua Pangaea telah mengalami pergerakan sehingga mulai terlihat daerah yang kini diyakini Antartika, Australia, dan India.
Ø  Kemudian di zaman Triassic 200 juta tahun lalu, keretakan terjadi di timur Tethys Ocean dan Pasifik Barat. Peristiwa tersebut mengakibatkan terpisahnya bagian yang kini diyakini sebagai Amerika Utara dan Afrika. Juga, adanya laut baru, yaitu Samudra Atlantik

Ø  Berlanjut ke zaman Jurassic Bergerak menuju 135 juta tahun silam, ketika zaman Jurassic dimulai. Saat itu pergerakan lempeng cukup signifikan sehingga mulai tampak Amerika Utara hendak melepaskan diri dari Eurasia, sedangkan Amerika Selatan sudah siap-siap untuk hengkang dari Afrika. Yang terlihat semakin independen adalah India yang terus bergerak ke arah timur.
2). Fase kedua dalam pecahnya Pangaea dimulai pada zaman Cretaceous Awal (150-140 juta tahun lalu). Saat itu, superbenua kecil, Gondwana, mengalami keretakan yang cukup besar. Yaitu, dominasi utama Amerika Selatan dan Afrika di Gondwana mulai tak tampak. Amerika Selatan bergerak searah jarum jam mendekati Antartika dan Australia, sedangkan Afrika semakin lengket dengan Eurasia. Namun, tidak diikuti pulau besar dari Afrika, yaitu Madagaskar. Pulau tersebut sudah berdiri sendiri. Bagian utara juga menunjukkan tanda-tanda terpisah. Yaitu, Laurasia, gabungan antara Amerika Utara dan Eurasia. Tinggal ujung sebelah timur yang masih menyatu dengan daratan Eurasia.
3). Fase akhir dari pecahnya Pangaea terjadi pada awal Kenozoikum (Paleosen untuk Oligosen). Amerika Utara atau Greenland melepaskan diri dari Eurasia, membuka Laut Norwegia sekitar 60-55 juta tahun lalu. Atlantik dan Hindia terus berkembang, menutup Tethys Ocean. Sementara itu, Australia memisahkan diri dari Antartika dan bergerak cepat ke utara. Baik Australia maupun India saat ini bergerak di arah timur laut pada 5-6 cm (2-3 inci) per tahun. Antartika telah dekat atau di Kutub Selatan sejak pembentukan Pangaea sekitar 250 juta tahun lalu. Adanya pergerakan benua dalam fenomena Pangaea menunjukkan bahwa lempeng-lempeng bumi itu terus bergerak sehingga saat ini dunia dibagi dalam 8 lempeng besar: Lempeng Afrika, Lempeng Antarktika, Lempeng Australia, Lempeng Eurasia, Lempeng Amerika Utara, Lempeng Amerika Selatan, dan Lempeng Pasifik.

Gambar perkembangan PANGEA sampai dengan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar