Kamis, 26 Juli 2012

laporan sig


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Peginderaan jauh merupakan suatu ilmu dan seni untuk memperoleh data/informasi suatu objek tanpa harus melakukan kontak langsung dengan objek yang akan dikaji. Untuk melakukan penginderaan jauh diperlukan wahana atau sensor yang dipasang pada pesawat atau pada satelit.
Penginderaan jauh akan menghasilkan data berupa citra. Data yang dihasilkan tergantung dari alat yang digunakan saat melakukan penginderaan jauh. Apabila menggunakan satelit akan menghasilkan data berupa citra, tetapi apabila menggunakan sensor yang dipasang pada pesawat terbang maka akan menghasilkan data berupa foto udara. Foto udara maupun citra merupakan data mentah yang belum bisa menunjukkan informasi secara menyeluruh terhadap apa yang terekam di dalam objek. Untuk mengetahui informasi yang terkandung di dalam citra maupun foto udara dapat dilakukan dengan cara interpretasi. Dalam Sutanto (1992 : 7) interpretasi citra merupakan perbuatan mengkaji foto udara dan atau citra dengan maksud untuk mengindentifikasi objek dan menilai arti pentingnya objek tersebut. Interpretsi yang dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara manual dan dengan cara digital. Dengan cara manual yaitu menggunakan stereoskop cermin sedangkan dengan cara digital dengan menggunakan bantuan komputer yang dilengkapi dengan software ArcView GIS 3.2.
Melakukan interpretasi citra bukanlah perkara mudah. Di samping memerlukan adanya pemahaman tentang konsep penginderaan jauh, juga mengharuskan adanya media yang dapat digunakan untuk menganalis kenampakan yang diperoleh saat melakukan penginderaan jauh. Mengingat kemajuan teknologi akibat pengaruh globalisasi, maka diharapkan interpretasi dengan cara digital lebih ditingkatkan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu kiranya lebih awal untuk mengenal dan mempelajari bagaimana menginterpretasi citra secara digital dengan bantuan komputer yang dilengkapi dengan software ArcView GIS 3.2.




1.2 Tujuan
Tujuan dari praktikum SIG ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan dalam melakukan praktikum SIG  dengan bantuan komputer yang dilengkapi dengan software ArcView GIS 3.2 dimana terdiri dari :
a. Tahap input data
b. Pemrosesan data
c. Output

1.3 Manfaat
a. Bagi penulis.
Untuk melatih keterampilan dalam melakukan praktikum SIG dengan menggunakan sofware ArcView GIS 3.2.
b.    Bagi pembaca.
Sebagai media sosialisasi pengetahuan dan pemahaman tenbtang bagaimana cara menggunakan program ArcView GIS 3.2 sampai akhirnya bisa membuat peta digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar